SENI RUPA UNTUK ANAK USIA DINI

PERTEMUAN KE 15 TEORI GURU

Kamis, 11 Mei 2017

PERTEMUAN KE 8 TEKNIK CETAK DALAM

KREASI SENI CETAK DALAM DAN DATAR UNTUK PAUD

PRAKTEK CETAK TINGGI DAN MEMBATIK UNTUK ANAK USIA DINI


      
CETAK TINGGI     
Pada perkuliahan seni rupa pertemuan ke-8 ini saya mendapatkan 2 kegiatan yang akan dipraktekan bersama teman-teman kelas saya yakni praktek tentang cetak tinggi dan membatik. Cetak tinggi dan membatik ini sangat cocok diterapkan di TK karena menurut saya kegiatan ini sangat menarik perhatian anak. Selain itu anak-anak juga dapat berkreasi dan berkarya sesuai dengan imajinasi mereka. 
    Pada pertemuan ke-7 sebelumnya saya sudah menjelaskan pengertian dari ke 4 pengertian seni cetak grafis. Dari ke 4 pengertian seni cetak yang paling cocok diterapkan untuk anak TK yaitu seni cetak tinggi dan membatik karena dapat cetak tinggi dan membatik ini bisa dibilang cukup mudah.  Nah langsung saja kita mulai praktek seni cetak tinggi dan membatik yang bisa dilakukan oleh anak usia dini. 

      Pada kegiatan cetak tinggi alat dan bahan yang diperlukan yaitu sebagai berikut
v  Alat
1.     Pisau atau kater
2. Kertas gambar
v  Bahan
1.     Wortel atau singkong
2.    Kentang
3.    Pelepah pisang
4.    Pewarna makanan
A. Kegiatan pertama ‘Cetak Dalam’
a.    Langkah pertama
Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan .

a.    Selanjutnya ambil wortel atau kentang potong menjadi 2 bagian


b.    kemudian kita beri sedikit cetakan pada wortel atau kentang contohnya kita ingin membuat sebuah bunga dan daun kita bisa membuatnya seperti ini .






c.    Setelah cetakannya selesai siapkan kertas gambar dengan ukuran bebas dan untuk warnanya kita menggunakan pewarna makanan agar tidak berbahaya bagi anak .


d.    Selanjutnya cetakan di isi pewarna makanan selanjutkan tempelkan cetakan yang sudah berisi warna di atas kertas gambar . Kita juga bisa menggunakan pelepah pisang untuk membuat bentuk-bentuk unik lainnya dan hasilnya bisa seperti gambar dibawah ini









e.    Nah disini kita bisa berkreasi dengan sesuka hati .






Selain itu kita juga bisa membuat bentuk-bentuk yang lain agar lebih menarik . Hasil dari kegiatan saya ini tentunya tidak sebanding dengan kreasi anak-anak yang beragam . Karena kreasi anak-anak tentunya tidak terbatas dan unik-unik . Kegiatan ini hanya sebagai contoh untuk memenuhi tugas kuliah seni rupa . Sekian kegiatan hari ini .Terimakasih

MEMBATIK SEDERHANA
 Yuk. . . . langsung saja kita mulai kegiatan seni membatik sederhana kali ini. Sebelum memulai kegiatan kali ini kita harus mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.
Ø  Alat
1.     Lilin atau krayon
2.    Kertas gambar
Ø  Bahan
1.     Pewarna makanan atau cat air

Langkah-langkah Kegiatan Membatik sederhana

a.    Pertama-tama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.

b.    Selanjutnya gunakan krayon atau lilin untuk menggambar di kertas gambar. Nah disini saya menggunakan lilin untuk menggambar.


c.    Setelah selesai menggambar warnai kertas gambar menggunakan pewarna makanan atau cat air. Disini saya menggunakan pewarna makanan.



d.    Nah hasilnya akan seperti ini. Unik kan.


e.    Kalau menggunakan krayon hasilnya akan lebih bagus lagi dan kolaborasi warnanya juga akan lebih banyak dan tentunya akan lebih unik dan indah.

Maksud dari seni membatik sederhana ini untuk anak-anak PAUD yaitu selain meningkatkan kreativitas anak. Kita juga mengajarkan bahwa air dan lilin/krayon itu tidak dapat menyatu. Disini anak bisa secara langsung melihat perbedaannya dengan begitu anak akan lebih mudah memahami  dan mengerti bahwa air dan lilin/krayon itu tidak dapat menyatu.
Selamat Mencoba!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar